Beliau hafidzohullah ditanya dengan pertanyaan sebagai berikut:
السـؤال الثالث : هل تأسيس جمعية للدعوة للكتاب و السنة و الانتماء إليها من التحزب و التفرق؟
...
جواب
الشيخ : أولا : تأسيس جمعية في هذا البلد لا يجوز لا جمعية و لا غيرها
أبداً لأن الدولة مسلمة قائمة على كتاب الله و على رسول الله و تمثِّل هذا
المنهج تعليماً و دعوة في المساجد و في الجامعات و المدارس و كل شيء، فهي
تقوم بأمور الإسلام بحذافرها يتعاون معها العلماء، تعتمد العلماء في وضع
المناهج، و هي تضع المال و تعتمد العلماء في اختيار المدرسين و الأئمة و
ما شاكل ذلك، فهي قائمة بأمور الإسلام ، أوجد جمعية أو حزب هذا تفريق
الأمة ينافي قول الله {و اعتصموا بحبل الله جميعاً و لا تفرقوا}( آل عمران
:103) .تأتي إلى بلد يعني أخذ بالشعارات العلمانية، و أخذ بالقوانين
الوضعية و تخلى عن الإسلام، بل قد يحارب الإسلام فإذا وجد جماعة أن
يتجمعوا لنشر الإسلام و تعليمه و دعوة النَّاس إلى الحق يجتمعون و ينظمون
أنفسهم ماليا و تعليما لا مانع، لا مانع من هذا ! كما لولا هذا عمله
المسلمون في الهند و السلفيون في الهند لضاع الإسلام مائة في المائة! دولة
كافرة علمانية تحارب الإسلام فقاموا و تجمعوا في شكل جمعيات تعترف بها
الدولة ثم أنشأوا و مدارس، و المساجد، ألوف المدارس حمى الله بها الإسلام،
و هذه ضرورة لابد منها أن يقوم المسلمون بمثل بهذا؛ لو العالم الإسلامي
كله يجتمع على إمام واحد لما جاز أن تقوم جماعة واحدة واحدة، بارك الله
فيكم! لكن العالم الإسلامي تمزق و كل دولة لها نظام فاسد إلا هذه الدولة
قائمة على الكتاب و السنة . فعلى المسلمين في أي بلد لا يتبنى المنهج
الإسلامي الحق أن يتبنوا الإسلام ثم ينشئون جمعية أو جمعيات وبنظِّمون
تنظيماً صحيحاً يتمكنون من خلاله من نشر دعوة الله و تربية من يستطيعون من
أبناء الأمة على هذا المنهج ” اهـ.
المصدر : شريط ” نَّصيحَةٌ صَّرِيحةٌ لِطُلاَّبِ الجَامِعَة الإسلاَميَّة “
Pertanyaan
ketiga: apakah mendirikan jum’iyyah dalam rangka berdakwah kepada
al-kitab dan as-sunnah dan menisbahkan diri kepadanya termasuk
hizbiyyah dan memecah belah umat?
Jawaban Syaikh:
Pertama:
mendirikan jum’iyyah di negeri ini (maksud beliau: Arab Saudi,pent)
tidak boleh,tidak boleh membuat jum’iyyah dan tidak pula yang
lainnya,sama sekali.Sebab negara ini adalah negara islam yang tegak
diatas kitabullah dan sunnah Rasulullah r,manhaj negeri ini mewujudkan
adanya ta’lim,dakwah di masjid-masjid,di universitas,
sekolah-sekolah,dan pada setiap hal.dia tegak dengan urusan-urusan islam
seluruhnya,dimana para ulama bekerjasama dengan mereka.Mereka
bersandar kepada ulama dalam meletakkan manhaj-nya,dan mereka yang
menyimpan harta.Mereka bersandar kepada ulama dalam memilih guru-guru,
imam-imam (masjid) dan yang semisalnya,ia tegak dengan berbagai
persoalan islam.Adanya dengan adanya jum’iyyah atau partai,akan
menyebabkan perpecahan umat,dan ini bertentangan dengan firman Allah:
{و اعتصموا بحبل الله جميعاً و لا تفرقوا}( آل عمران :103)
“berpeganglah dengan tali Allah dan jangan kalian berpecah-belah”.
Engkau
datang ke sebuah negeri yang menampakkan syi’ar sekularisme,berhukum
dengan undang-undang buatan manusia,dan memisahkan diri dari
islam,bahkan terkadang memerangi islam.maka jika ada sebuah perkumpulan
dimana mereka berkumpul untuk menyebarkan islam dan mengajarkannya,dan
mengajak manusia kepada kebenaran,mereka berkumpul dan mengatur diri
mereka sendiri baik harta maupun pelajarannya,maka tidak
terlarang,tidak terlarang hal ini! Sebagaimana kalau hal ini tidak
dilakukan oleh kaum muslimin di India,dan salafiyyun di India, maka
islam akan lenyap 100 persen!,negeri kafir yang sekuler,memerangi
islam.Maka mereka tegak dan berkumpul dalam bentuk jum’iyyah-jum’iyyah
yang dilegalisir oleh pemerintah,lalu dengannya mereka mendirikan
sekolah-sekolah,masjid-masjid, ribuan sekolah yang dengannya Allah U
menjaga islam.Maka ini perkara penting yang kaum muslimin harus
menegakkan hal yang seperti ini.kalau seandainya dunia islam seluruhnya
berkumpul diatas satu imam,maka tidak boleh ditegakkan satu jama’ah
yang terpisah dari yang lain.Barakallahu fiikum!
Namun
dunia islam telah terpisah-pisah,setiap negeri memiliki aturan yang
rusak kecuali negeri ini yang tegak diatas al-kitab dan as-sunnah.Maka
wajib bagi kaum muslimin di negeri manapun yang tidak menegakkan manhaj
islam yang haq,agar "hendaklah mereka menegakkan islam,lalu mendirikan
satu jum’iyyah atau beberapa jum’iyyah",lalu mengaturnya dengan aturan
yang benar,yang dengan itu memungkinkan bagi mereka menyebarkan dakwah
Allah,dan mendidik siapa yang mereka mampu dari anak-anak umat ini
diatas manhaj ini”.
(dari kaset: nashihatun sharihah li thullaab al-jami’ah al-islamiyyah,dinukil dari situs www.sahab.net).
0 komentar:
Posting Komentar